Sunday, October 22, 2017

APA ITU CEREBRAL PALSY(CP)

Apa itu cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah sekelompok masalah yang mempengaruhi pergerakan tubuh dan postur tubuh. Hal ini terkait dengan cedera otak atau masalah dengan perkembangan otak . Ini adalah salah satu penyebab paling umum kecacatan abadi pada anak-anak penyandang celebral palsy.
Cerebral palsy menyebabkan gerakan refleks sehingga seseorang tidak dapat mengendalikan dan mengencangkan otot yang dapat mempengaruhi bagian atau seluruh tubuh. Masalah ini mulai dari tahap ringan hingga parah. Kecacatan intelektual , kejang , dan gangguan penglihatan dan pendengaran bisa saja terjadi.

Apa yang menyebabkan seorang anak menyandang cerebral palsy?
Cerebral palsy disebabkan oleh cedera otak atau masalah yang terjadi selama kehamilan atau kelahiran atau dalam 2 sampai 3 tahun pertama kehidupan anak. Hal ini dapat disebabkan oleh:
• Masalah lahir terlalu dini (kelahiran prematur).
• Tidak mendapatkan cukup darah , oksigen, atau nutrisilainnya sebelum atau selama kelahiran.
• Sebuah cedera kepala serius .
• Infeksi serius yang bisa menyerang otak , seperti meningitis .
• Beberapa masalah dilewatkan dari orang tua ke anak ( kondisi genetik ) yang mempengaruhi perkembangan otak.
• Dalam banyak kasus, penyebab pasti cerebral palsy tidak diketahui.
• Apa gejalanya?
• Setiap orang dengan cerebral palsy memiliki masalah dengan gerakan tubuh dan postur tubuh. Tapi masalah fisik lebih buruk bagi sebagian orang daripada orang lain.
• Beberapa orang yang memiliki cerebral palsy sedikit lemas atau sulit berjalan. Orang lain hanya memiliki sedikit atau tidak memiliki kendali atas lengan dan kaki mereka atau bagian tubuh lainnya, seperti mulut dan lidah , yang dapat menyebabkan masalah dengan makan dan berbicara. Orang yang memiliki bentuk cerebral palsy parah cenderung memiliki masalah lain, seperti kejang atau cacat intelektual.
• Bayi dengan cerebral palsy berat sering memiliki masalah dengan postur tubuh mereka. Mayat mereka mungkin sangat floppy atau sangat kaku. Cacat lahir kadang terjadi bersamaan dengan cerebral palsy. Contoh cacat lahir termasuk tulang belakang yang tidak memiliki bentuk normal, tulang rahang kecil, atau kepala kecil.
• Cedera otak atau masalah yang menyebabkan cerebral palsy tidak bertambah buruk seiring berjalannya waktu. Tapi gejala baru mungkin muncul, atau gejala bisa berubah atau bertambah parah seiring bertambahnya usia anak Anda. Inilah sebabnya mengapa beberapa bayi yang lahir dengan cerebral palsy tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas segera.

Bagaimana cerebral palsy didiagnosis?
Dokter anak Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan anak Anda. Dia akan bertanya tentang pertumbuhan anak Anda dan tentang masalah yang mungkin Anda sadari. Dokter mungkin juga bertanya tentang perkembangan anak Anda.
Pengujian, seperti CT scan atau MRI kepala anak Anda, mungkin juga dilakukan. Atau dokter mungkin melihat gambar ultrasuara otak. Tes ini terkadang bisa membantu dokter menemukan penyebab cerebral palsy.
Jika anak Anda memiliki bentuk cerebral palsy yang parah, dokter mungkin bisa menentukan masalahnya dalam beberapa minggu pertama kehidupan anak Anda. Tetapi orang tua seringkali yang pertama memperhatikan bahwa bayi mereka tidak memiliki kemampuan dan keterampilan yang umum terjadi pada anak-anak lain pada kelompok usia yang sama. Kelambatan perkembangan ini bisa menjadi tanda awal cerebral palsy.
Bahkan saat kondisinya saat lahir, tanda-tanda cerebral palsy mungkin tidak diperhatikan sampai seorang anak berumur 1 sampai 3 tahun.
Meskipun cerebral palsy tidak dapat disembuhkan, Anda dan anak Anda dapat melakukan berbagai hal untuk membantu mengatasi gejala, mencegah masalah, dan memanfaatkan sebagian besar kemampuan anak Anda. Terapi fisik adalah salah satu perawatan yang paling penting. Obat-obatan, operasi, dan peralatan khusus seperti alat bantu jalan juga bisa membantu.
Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya?
Memenuhi kebutuhan sehari-hari seorang anggota keluarga dengan cerebral palsy tidaklah mudah. Jika anak Anda menderita cerebral palsy, carilah dukungan keluarga dan masyarakat. Ini bisa membantu bergabung dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan orang tua lain yang memiliki anak berkebutuhan khusus, jadi Anda tidak merasa sendiri.
Anda mungkin juga menemukan konseling yang berguna. Ini dapat membantu Anda memahami dan mengatasi berbagai emosi yang mungkin Anda rasakan. Anak Anda juga membutuhkan pertolongan. Memberikan dukungan emosional untuk anak Anda dapat membantunya mengatasi cerebral palsy.
Belajar bahwa anak Anda memiliki cerebral palsy tidaklah mudah, dan membesarkan anak yang memilikinya bisa menjadi sulit. Tapi semakin Anda tahu, semakin baik Anda bisa merawat dan mencukupi kebutuhan anak Anda.














1 comment:

Anonymous said...

The best foods are vegetable soups (no tomatoes, potatoes
or eggplant) with spices, (cardamom, cumin, coriander, fennel, black pepper, turmeric, etc.
MAPS not just treats children in distress with delicate care but relates to the pain sensation and anxiety of each
parent getting through a child under chronic condition. Some from
the other common drinks children consume include fruit
juice, cordials and soft drink.